2021, Platform Digital Kian Seru, Berikut Prediksi Tren Teknologi Teratas Versi Alibaba

- 25 Januari 2021, 16:35 WIB
Ilustasi platform digital versi Alibaba
Ilustasi platform digital versi Alibaba /Alibaba Gopro/Denpasar Update

DENPASARUPDATE.COM – Persaingan layanan di platform digital agaknya akan semakin  seru di tahun 2021 ini. Ternyata, Alibaba Group pernah merilis prediksi tren teknologi teratas versi DAMO (Discover, Adventure, Momentum, Outlook) Academy di tahun 2021.

Bagaimana gambaran teknologi teratas yang akan berkembang di tahun 2021?. Simak 10 tren teknologi teratas versi Alibaba berikut ini:

Tren 1: Penggunaan bahan semikonduktor generasi ketiga.

Seperti stasiun pangkalan 5G, kendaraan yang menggunakan energi baru, pembangkit listrik tegangan ultra tinggi, dan pusat data.

Baca Juga: Soal Dugaan Intoleransi di SMKN 2 Padang, Mendikbud Nadiem Makarim Keluarkan Sikap Begini

Tren 2: Koreksi kesalahan kuantum dan utilitas praktis komputasi kuantum akan menjadi prioritas utama pada era pasca-supremasi-kuantum

Tahun 2020 investor di seluruh dunia berbondong-bondong beralih ke bidang komputasi kuantum, teknologi dan ekosistem terkait berkembang pesat. Selain itu banyak platform komputasi kuantum yang menjadi terkenal. Di tahun 2021, tren ini akan mendapat perhatian lebih dari seluruh lapisan masyarakat.

Tren 3: Terobosan pada bahan berbasis karbon.

Teknologi ini banyak digunakan pada perangkat yang dapat digunakan (wearable device), skin elektronik, dan layar fleksibel. Beberapa tahun terakhir ini, perkembangan inovatif pada bahan berbasis karbon telah memungkinkan elektronik fleksibel melampaui kemampuan mereka sebelumnya.

Baca Juga: Gemar Berbelanja? Berikut 5 Tips Hemat Belanja Online

Tren 4: Teknologi AI mempercepat R&D obat-obatan dan vaksin

Saat algoritme AI baru bermunculan dan daya komputasi mencapai tingkat baru, teknologi ini akan mempermudah penyelesaian R&D obat-obatan dan vaksin yang sebelumnya sangat memakan waktu dan mahal.

Tren 5: Teknologi brain–computer interface (antarmuka otak-komputer) memungkinkan kita melampaui batas tubuh manusia

Antarmuka otak-komputer membentuk jalur komunikasi langsung otak dan perangkat eksternal yang dapat memperoleh, menganalisis, dan menerjemahkan sinyal otak untuk mengendalikan mesin.

Baca Juga: Film Godzilla vs Kong Telah Rilis, Siapa yang Akan Menang? Ini Bocoran Pemenangnya

Tren 6: Pemrosesan data akan menjadi independen dan dapat berkembang secara mandiri

Cara ini akan meminimalisir biaya untuk komputasi, pemrosesan, penyimpanan, dan O&M. Sistem pengelolaan data yang otonom dan berkembang secara mandiri akan segera tersedia.

Tren 7: Teknologi cloud-native akan membentuk kembali sistem TI

Seperti jaringan, server, dan sistem operasi, mengurangi biaya komputasi, meningkatkan efisiensi teknologi, menurunkan hambatan untuk mengembangkan aplikasi di cloud, dan memperluas cakupan aplikasi cloud.

Baca Juga: Nyabu Untuk Senang-Senang, Cucu Raja di Bali Ditangkap Polresta Denpasar

Tren 8: Pertanian akan didukung oleh teknologi inteligensi data

Praktisi pertanian dapat memantau tanaman, menerapkan pembiakan yang presisi, dan mengalokasikan sumber daya lingkungan sesuai kebutuhan. Selain itu, teknologi seperti 5G, IoT, dan blockchain untuk mengontrol dan melacak pengangkutan produk pertanian, memastikan pengiriman yang aman dan dapat dipercaya.

Dengan teknologi digital generasi baru ini, pertanian tidak harus sepenuhnya bergantung pada kondisi alam dan akan terbantu oleh analisis data yang cerdas.

Baca Juga: Selegram Cantik asal Jakarta Ditangkap Setelah Pesta Narkoba di Villa

Halaman:

Editor: I Gusti Ngurah Kartika Mahayadnya

Sumber: NST


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah