Ada Permintaan udang Galah Tinggi di Bali, Tapi Tak Ada Bibit Tersedia, Petani Udang Karangasem Menjerit

- 20 Maret 2024, 06:05 WIB
Tambak Udang Galah yang Terbengkalai di kawasan Karangasem. Ada 14 Hektar yang tidak terpakai akibat sulitnya mencari Bibit Udang galah
Tambak Udang Galah yang Terbengkalai di kawasan Karangasem. Ada 14 Hektar yang tidak terpakai akibat sulitnya mencari Bibit Udang galah /ISTIMEWA

 

DENPASARUPDATE.COM - dari penelitan yang didasur dari Universitas Airlangga, ada potensi besar pembudidayaan udang galah di Indonesia.

Terlebih Udang jenis ini memiliki ukuran serta nilai jual yang lebih ekonomis dibandingkan jenis Udang lainnya.

Tingkat permintaan udang galah pun terbilang tinggi. Di Bali sendiri, Pemprov Bali telah mengeluarkan Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemanfaatan dan Pemasaran Produk Pertanian Perikanan dan Industri Lokal.

Itu sebabnya permintaan udang galah untuk sektor pariwisata di Pulau Dewata terbilang cukup tinggi.

Namun sayangnya, hal itu tidak berbanding lurus dengan ketersediaan bibit udang galah yang sangat sulit didapatkan pembudidaya udang.

Pemerintah diminta dapat menyikapi serius permasalahan tersebut, sebab kesulitan mendapatkan bibit udang galah telah terjadi sejak Covid-19.

Alhasil, sekitar 14 hektar kolam budidaya udang terbengkalai di Karangasem. Jika hal itu terus berlarut terjadi, ditakutkan sektor budidaya udang galah akan kian berkurang.

Salah seorang pembudidaya udang galah di Karangasem, Wayan Kertiyasa menerangkan, sulitnya mendapatkan bibit udang galah telah terjadi sejak pandemi.

Halaman:

Editor: Tegar Putra Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah