Avalanche Protocol Mencapai Puncak: Transaksi Per Detik Tertinggi Sepanjang Masa

- 17 Maret 2024, 10:27 WIB
Ilustrasi kripto
Ilustrasi kripto /Pixabay/WorldSpectrum/

DENPASARUPDATE.COM - Protokol Avalanche, sebuah inovasi terkemuka dalam dunia kripto, telah mencapai pencapaian monumental dengan mencatat jumlah transaksi per detik (TPS) tertinggi dalam sejarahnya.

Pencapaian ini menandai tonggak penting dalam evolusi blockchain, menunjukkan potensi besar protokol ini dalam mengatasi kendala skalabilitas yang telah lama menjadi tantangan utama bagi jaringan blockchain.

Seperti diulas nomis.id bahwa Diluncurkan pada tahun 2020, Avalanche telah bertujuan untuk menyelesaikan masalah-masalah klasik dalam kripto seperti kecepatan, skalabilitas, dan keamanan.

Dibangun dengan konsensusnya yang unik, Avalanche memungkinkan jaringan untuk mencapai konsensus hampir secara instan, memungkinkan throughput yang sangat tinggi tanpa mengorbankan keamanan.

Pencapaian terbaru ini menegaskan bahwa Avalanche Protokol Kripto telah mencapai apa yang disebut sebagai "puncak kinerja", di mana jaringan mampu memproses transaksi dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dengan TPS yang mencapai angka tertinggi sepanjang masa, Avalanche telah memperkuat posisinya sebagai salah satu protokol blockchain yang paling canggih dan menjanjikan di pasar saat ini.

Salah satu faktor kunci yang menyebabkan kenaikan dramatis dalam TPS adalah pendekatan yang unik dalam konsensus Avalanche. Dibandingkan dengan protokol konsensus klasik seperti Proof of Work (PoW) atau Proof of Stake (PoS), di mana setiap transaksi harus dikonfirmasi oleh sebagian besar jaringan.

Avalanche menggunakan mekanisme konsensus berbasis gossip, yang memungkinkan validasi transaksi dengan cepat dan efisien oleh sekelompok kecil validator.

Hal ini memungkinkan jaringan untuk mencapai throughput yang tinggi tanpa mengorbankan desentralisasi atau keamanan.

Halaman:

Editor: Tegar Putra Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah