Karya Ngenteg Linggih di Pura Sang Hyang Landu Gelagah Puwun, Desa Kekeran

- 16 April 2024, 22:55 WIB
Sekda Wayan Adi Arnawa menghadiri karya Ngenteg Linggih, Pedudusan Alit, Tawur Wraspati Kalpa Pura Sang Hyang Landu dan memberikan paraf di Prasasti, Banjar Gelagah Puwun Desa Kekeran, Mengwi Senin (25/4)
Sekda Wayan Adi Arnawa menghadiri karya Ngenteg Linggih, Pedudusan Alit, Tawur Wraspati Kalpa Pura Sang Hyang Landu dan memberikan paraf di Prasasti, Banjar Gelagah Puwun Desa Kekeran, Mengwi Senin (25/4) /Prokompim Badung

DENPASARUPDATE.COM - Dengan selesainya Pembangunan Pura Sang Hyang Landu Sekda Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung Ngupasaksi Mendem Pedagingan Karya Ngenteg Linggih, Pedudusan Alit, Tawur Wraspati Kalpa di Pura Sang Hyang Landu dan memberikan paraf di Prasasti, Banjar Gelagah Puwun Desa Kekeran, Mengwi Senin (25/4/2024) 

Karya yang dipuput oleh Ida Pedanda Mas Timbul dari Geria Tengah Kaba-Kaba Kediri turut dihadiri Camat Mengwi Nyoman Suhartana, Perbekel Kekeran I Nyoman Suarda, Bendesa Adat Kekeran I Wayan Sukandia beserta jajaran dan Pekaseh Tungkub Dalem.

Sebagai bentuk dukungan dan komitmen Pemerintah, Sekda Adi Arnawa menyerahkan secara simbolis Bantuan BKK Tahun 2023 sebesar Rp2,5 miliar lebih, secara pribadi sebesar Rp5 juta dan dari APBDes Desa Kekeran sebesar Rp280 juta.

Sekda Adi Arnawa dalam sambrama wecananya mengatakan, tidak akan henti-hentinya menghaturkan astiti bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi terutamanya kepada Ida Betara yang berstana di Pura Sang Hyang Landu.

"Hari ini kita patut berbangga hati karena sudah melaksanakan Karya Ngenteg Linggih, Pedudusan Alit, Tawur Wraspati Kalpa dengan harapan setelah dilaksanakan karya ngenteg linggih ini warga pengempon Pura, jagat Badung dan jagat Bali selalu dilimpahkan keselamatan, kerahayuan dan rahajeng," ujarnya.

Lebih lanjut Sekda mengapresiasi keberadaan alam di sekitar pura yang merupakan kawasan Subak Tungkub Dalem yang sistem pertaniannya masih sangat lestari.

Sedangkan terkait dengan usulan serta permohonan bantuan untuk melanjutkan penataan berupa pavingisasi halaman pura, agar Perbekel membantu untuk membuatkan usulan proposal sehingga pembangunan fisik dan pendukungnya bisa dirampungkan.

"Kami sangat berterima kasih kepada Subak Tungkub Dalem sudah mempertahankan kondisi ini, yang jelas pemerintah sudah sangat memperhatikan Desa Kekeran termasuk subaknya yang sudah sangat luar biasa. Kedepan akan ditata kembali sehingga sarana dan prasarana penunjang akan dibuat lebih baik lagi," jelas Adi Arnawa.

Sementara Ketua Panitia Karya Wayan Brana Yasa melaporkan bahwa Pura Luhur Sang Hyang Landu berada di Wilayah Desa Kekeran, Mengwi namun pengempon pura berasal dari 2 kabupaten yaitu Tabanan dan Badung.

Halaman:

Editor: Tegar Putra Jaya


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah