Bupati Badung Giri Prasta Hadiri Uleman Karya Pura Dang Kahyangan Dalem Camusan

- 11 April 2024, 15:35 WIB
Bupati Nyoman Giri Prasta saat menghadiri Uleman Karya Memungkah dan Menawa Ratna di Pura Dang Kahyangan Dalem Camusen Desa Adat Blangsinga, Desa Saba, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Senin (8/4)
Bupati Nyoman Giri Prasta saat menghadiri Uleman Karya Memungkah dan Menawa Ratna di Pura Dang Kahyangan Dalem Camusen Desa Adat Blangsinga, Desa Saba, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Senin (8/4) /Prokompim Badung

DENPASARUPDATE.COM - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Senin (8/4/2024) menghadiri Uleman Karya Mamungkah, Mupuk Pedagingan, Tawur Labuh Gentuh, Mapedudusan Agung dan Menawa Ratna di Pura Dang Kahyangan Dalem Camusen Desa Adat Blangsinga, Desa Saba, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar.

Sebagai bentuk Ngastiti Bhakti kepada Ida Betara, Bupati Giri Prasta membantu dana secara pribadi sebesar Rp50 Juta dan pada kesempatan tersebut pula Giri Prasta diberikan paica berupa keris yang diserahkan langsung oleh Ida Pedanda Istri Manuaba.

Upacara puncak karya yang dipuput oleh Ida Peranda Gede Manuaba dari Griya Manuaba Blangsinga turut dihadiri Camat Blahbatuh I Wayan Gede Eka Putra, Tripika Blahbatuh, Perbekel Desa Saba Ketut Redhana, Bendesa Adat Blangsinga I Wayan Murtika, Tokoh Masyarakat Blangsinga Ajik Kresna.

Giri Prasta mengucapkan, rasa syukur kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan Ida Bhatara-Bhatari yang berstana di Pura Dang Kahyangan Dalem Camusen.

Terlebih dirinya bisa hadir langsung di Desa Adat Blangsinga Blahbatuh.

Bupati Giri Prasta juga berharap seluruh krama pengempon diberikan keselamatan dan kerahayuan dalam melaksanakan upacara karya pujawali.

"Saya merasa bangga bisa hadir di tengah tengah krama Desa Adat Blangsinga yang melaksanakan upacara pujawali di Pura Dang Kahyangan Dalem Camusen," bebernya.

"Semoga karya ini berjalan lancar sida sidaning don nemu labda karya, paripurna lan swadarma ring Kahuripan, serta secara bersama-sama ngastiti bakti, semoga Ida Hyang Widhi memberikan jalan dan anugerah bagi krama dalam melaksanakan upacara seperti sekarang ini," tambah Giri Prasta.

Dalam pelaksanaan Pujawali, Bupati Giri Prasta mengatakan, Puja itu dilaksanakan oleh Sulinggih bersama Pemangku sedangkan Walinya dilaksanakan oleh welaka, ada Sekaa Gong, Pesantian, Topeng Sidakarya, tari Rejang dan renteng itu yang dimaksud puja wali.

Halaman:

Editor: Tegar Putra Jaya

Sumber: Humas Pemkab Badung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah