Ini Dia Durasi Waktu Pasien Covid-19 Tularkan Virus ke Orang Lain

- 13 September 2020, 10:04 WIB
Ruang isolasi pasien Covid-19 RS Sanglah yang sudah penuh alias over kapasitas /istimewa/kartika mahayadnya

DENPASARUPDATE.COM – Hanya dalam hitungan bulan, Covid-19 sudah menyebar di berbagai negara dan menginfeksi lebih dari 26 juta orang di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa Covid-19 merupakan penyakit yang mudah menular.

Pasien Covid-19 bergejala ringan dan sedang bisa menularkan penyakit kepada orang lain hingga 10 hari sejak gejala muncul, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) India.

Sedangkan pasien Covid-19 bergejala berat hingga kritis atau memiliki kelainan imun berat cenderung masih bisa menularkan penyakit kepada orang lain hingga 20 hari setelah gejala muncul.

Baca Juga: Diduga Serangan Jantung, Pria Tewas Saat Bersepeda di Pantai Bali Beach Sanur

Pasien tanpa gejala juga dapat menularkan penyakit hingga 10 hari sejak terinfeksi. Lewat dari 10 hari, pasien tak dapat menularkan Covid-19 kepada orang lain. Akan tetapi, ada beberapa pengecualian.

Terlepas dari perbedaan-perbedaan ini, ahli merekomendasikan pasien Covid-19 untuk menjalani isolasi selama 14 hari. Pasien bisa kembali beraktivitas bila setelah 14 hari isolasi tidak menunjukkan gejala dan memiliki kadar oksigen yang stabil.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pasien dan anggota keluarga setelah pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19. Sebagai contoh, pasien Covid-19 yang sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit masih harus menjalani isolasi mandiri di rumah selama dua minggu.

"(Mereka masih harus) memantau kadar oksigen, suhu tubuh, dan denyut jantung secara mandiri," timpal konsultan dan ahli intervensi pulmonologi dari Aster RV Hospital Dr Pavan Yadav, seperti dilansir Times Now News.

Baca Juga: Perhatikan! Ini 5 Gejala Otak dan Tubuh Butuh Waktu Tersendiri

Halaman:

Editor: I Gusti Ngurah Kartika Mahayadnya

Sumber: warta ekonomi


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X