Geser Persija Usai Tumbangkan Madura United, Persib Bandung Dapat ‘Kado’ Sanksi Besar Dari Komdis PSSI

- 20 Januari 2023, 22:34 WIB
Penyerang Persib Bandung David da Silva melakukan selebrasi usai mencetak gol kemenangan Persib atas Madura United di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan dalam lanjutan pekan ke-19 BRI Liga 1 2022/2023 pada Jumat malam (20/1/2023)
Penyerang Persib Bandung David da Silva melakukan selebrasi usai mencetak gol kemenangan Persib atas Madura United di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan dalam lanjutan pekan ke-19 BRI Liga 1 2022/2023 pada Jumat malam (20/1/2023) /PT LIB

DENPASARUPDATE.COM – Madura United sebenarnya bisa menjadi pemuncak klasemen sementara BRI Liga 1 2022/2023. Dengan catatan, berhasil menang menghadapi Persib Bandung di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, pada Jumat malam (20/1/2023).

Namun keadaan berbalik. Persib justru berhasil meraih kemenangan. Adalah David da Silva menjadi pahlawan kemenangan Maung Bandung dengan gol semata wayangnya pada menit ke-77.

Seandainya menang, Madura United mengumpulkan 39 poin dan berada di puncak klasemen sementara menggeser PSM Makassar yang hanya bermain imbang 2-2 menghadapi Bali United. Persib yang menang tipis 0-1, berhak merangsek ke peringkat ketiga klasemen sementara dan menggeser Persija Jakarta ke peringkat 4 klasemen sementara.

Baca Juga: Bali United Gagal Geser Madura United dan Persib Bandung, Pelatih PSM Ngamuk Dengan Keputusan Wasit

Macan Kemayoran sejauh ini mengumpulkan 35 poin setelah tumbang dari Persis Solo dengan skor tipis 1-0. Sedangkan bali United terlempar dari 4 besar setelah hanya bermain imbang 2-2. Sayangnya kemenangan Persib sedikit ternoda.

Skuad asuhan Luis Milla Aspas tersebut mendapatkan sanksi dari Komisi Disiplin PSSI. Ada 4 klub yang mendapatkan sanksi dari Komdis PSSI setelah melakukan sidang pada 17 Januari 2023. Dari empat klub tersebut, Persib Bandung menjadi pendulang sanksi paling banyak.

Kalau secara tim, Persib memang menjadi klub dengan sanksi paling besar. Namun dari segi individu, Persija paling dirugikan. Betapa tidak, Pelatih Kiper Andritany Ardhiyasa dkk, Jan Klima mendapatkan sanksi 12 bulan larangan mendampingi tim.

Artinya musim Jan Klima di BRI Liga 1 berakhir lebih cepat. Alasan dari Komdis PSSI adalah pelatih asal Republik Ceko tersebut meludah pada perangkat pertandingan dan mengucapkan kata kasar saat EL Clasico menghadapi Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. 

Alhasil, Jan Klima mendapatkan kartu merah langsung saat itu. Lalu apa saja sanksi lain yang diberikan Komdis PSSI? Berikut ulasannya. ***

Halaman:

Editor: I Gusti Ngurah Kartika Mahayadnya


Tags


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x