Bungkam Ambisi Tiongkok, Tarung 3 Game, Fajar/Rian Juara Malaysia Open 2023

- 16 Januari 2023, 05:26 WIB
Ganda putra Indonesia Fajar/Rian sukses pertahankan gelar juara dunia di bandminton internasional Malaysia Open 2023 pada Minggu petang 15 JUanuari 2023
Ganda putra Indonesia Fajar/Rian sukses pertahankan gelar juara dunia di bandminton internasional Malaysia Open 2023 pada Minggu petang 15 JUanuari 2023 /badminton talk/Denpasar Update

DENPASARUPDATE.COM – Perhelatan badminton internasional bertajuk Petronas Malaysia Open 2023 tuntas sudah. Indonesia boleh bangga. Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses menjadi juara Malaysia Open 2023. Pasangan peringkat 1 dunia ini, mampu membendung ambisi ganda muda Tiongkok, Liang Wei Keng/Wang Chang dengan 3 game. Skor 2 berlangsung ketat 21-18, 18-21, 21-13.

Permainan cepat tersaji di awal game pertama. Meskipun Fajar/Rian sempat tertinggal 1-3, Fajar/Rian mampu melakukan serangan balik dan menyamakan kedudukan di angka 5-5.

Kedudukan imbang kemudian terus terjadi hingga angka 7-7 ketika kedua ganda bergantian unggul. Fajar/Rian memimpin 8-7 setelah smash Liang Wei Keng menyangkut di net.

Baca Juga: Setelah Cidera Lama, Akhirnya Farrel Siap Berlaga Kembali Bersama PSIS Semarang

Fajar/Rian memperbesar keunggulan menjadi 9-7 lewat reli 26 pukulan. Mereka mampu memaksa Wang Chang melakukan kesalahan.


Poin ke-10 lalu didapat Fajar/Rian lewat tembakan keras Rian di depan net yang menghunjam telak ke lapangan lawan. Poin ke-11 langsung didapat Fajar/Rian di kesempatan berikutnya karena pukulan lawan keluar lapangan. 11-7 untuk Fajar/Rian di interval

Selepas interval, Fajar/Rian masih mampu mempertahankan selisih poin di angka empat pada kedudukan 14-10 meskipun Liang/Wang melakukan tekanan lewat rangkaian serangan keras dan cepat.

Baca Juga: BRI Liga 1 Putaran Kedua, Dijadwalkan Lawan Rans Nusantara, PSIS Optimis Bawa Pulang Tiga Poin

Dua kesalahan dari Liang/Wang, yaitu kesalahan servis dan pengembalian shuttlecock membuat Fajar/Rian memimpin 16-12. Fajar/Rian pun terus menguasai keadaan hingga mendekati akhir game kedua.

Fajar/Rian berhasil meraih game point di angka 20-14 setelah mereka kembali mengungguli Liang/Wang dalam perburuan angka.

Dalam kondisi ini, Fajar/Rian justru sempat kehilangan ritme. Liang/Wang bisa merebut empat poin beruntun dan merapat pada angka 18-20.

Baca Juga: Raih Kemenangan Telak Lawan PSS Sleman, Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares: Kemenangan Ini Terasa Ganjal


Situasi darurat akhirnya bisa dilewati oleh Fajar/Rian. Pada kesempatan kelima, Fajar/Rian bisa meraih poin setelah unggul dalam reli lawan Liang/Wang.

Memasuki gim kedua, Fajar/Rian sempat kalah start dan tertinggal 0-4. Fajar/Rian tetap tampil tenang dalam kondisi tersebut dan bisa menyamakan kedudukan di angka 4-4.

Skor kembali sama kuat di angka 6-6 dan 7-7. Fajar/Rian sempat kembali tertinggal 7-9 namun kemudian melakukan balasan dengan torehan empat poin beruntun yang membuat mereka memimpin 11-9 di interval.

Baca Juga: Libas PSS Sleman 4-0, PSM Makassar Raih Puncak Klasemen Sementara BRI Liga 1, Pembuktian Taji Ramadhan Sananta

Selepas interval, Liang/Wang mampu berbalik memberikan tekanan. Serangan-serangan Liang/Wang mengantar mereka unggul 13-12.

Smes dari Rian yang tak bisa dikembalikan dengan sempurna oleh lawan membuat skor kembali imbang 13-13.

Setelah skor kembali imbang di angka 14-14, Fajar/Rian sempat kehilangan dua angka. Liang/Wang memimpin 16-14 yang berlanjut menjadi 17-15.

Baca Juga: Perang Wacana BRI Liga 1 tanpa Degradasi, Begini Komentar Reaksi Head Coach Barito Putera

Sergapan Rian di depan net membuat selisih poin menjadi 16-17. Peragaan defense yang bagus dari Fajar/Rian diakhiri pukulan silang Rian membuat skor kembali imbang di angka 17-17.

Pukulan Wang Chang yang akurat ke sudut lapangan membuat skor berubah jadi 18-17 untuk keunggulan ganda China. Rangkaian serangan Liang/Wang kembali menghasilkan poin, 19-17.

Liang/Wang lalu meraih game point di angka 20-17 setelah pukulan Fajar keluar.

Baca Juga: Jadwal SiaranLangsung dan Link Live Streaming Final Badminton MALAYSIA OPEN 2023, Mulai Jam Berapa?

Fajar berhasil menggagalkan game point pertama Liang/Wang lewat kemenangan di adu drive. Namun Liang/Wang bisa memaksimalkan game point berikutnya untuk menutup game kedua dengan skor 21-18.

Memasuki game penentuan, pertarungan ketat terjadi sejak awal gim. Skor sama kuat tecipta dari angka 2-2, 4-4, hingga 6-6.

Fajar/Rian lalu berhasil merebut dua poin beruntun untuk menjauh di angka 8-6 yang berlanjut menjadi 10-8.

Halaman:

Editor: I Gusti Ngurah Kartika Mahayadnya

Sumber: ANTARA RCTI iNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah