Jangan Panik, Saat Gempa Lakukan Langkah Berikut

- 24 November 2022, 08:27 WIB
HANYA SIMULASI: Seorang siswa SDN 2 Tanjung Benoa berlindung di bawah meja belajar menghadapi bencana gempa, Selasa, 24 Mei 2022.
HANYA SIMULASI: Seorang siswa SDN 2 Tanjung Benoa berlindung di bawah meja belajar menghadapi bencana gempa, Selasa, 24 Mei 2022. /PotensiBadung/

DENPASARUPDATE.COM - Pasca Gempa dahsyat yang terjadi di Kabupaten  Cianjur, Jawa Barat, Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membagikan tips atau cara berlindung jika terjadi gempa.
 
Dilansir dari instagram BMKG, video berdurasi 1 menit 57 detik ini menampilkan apa yang harus kita lakukan dan tidak boleh kita lakukan saat menghadapi gempa.
 
Tips ini khusus bagi Anda yang sedang berada di dalam gedung lantai atas saat terjadi gempa. Mengingat, banyak korban yang masih tertahan di dalam ruangan saat gempa Cianjur melanda.
 
Berikut denpasarupdate.com rangkum dalam ulasan berikut ini. Tips hadapi gempa saat berada di dalam gedung lantai atas:
 
- Berlindung di bawah meja atau benda yang kokoh dan kuat sampai getaran gempa mereda
 
- Jangan panik dan jika jarak Anda jauh dengan pintu keluar, jangan langsung lari ke arah pintu tersebut. Hal ini dikarenakan Anda bisa berdesak-desakan dengan orang lain, bahkan ada kemungkinan Anda bisa terjatuh.
 
- Anda bisa berlindung di dekat pilar bangunan yang kokoh dan jauhi kaca jendela. Getaran yang kuat terkadang bisa membuat kaca retak bahkan pecah.
 
- Jangan nekat loncat dari jendela. Anda bisa mengalami cidera patah tulang.
 
- Jika posisi Anda dekat dengan pintu keluar, segera evakuasi diri dengan keluar ruangan. Berjalanlah dengan meletakkan kedua tangan melindungi kepala dan tengkuk leher.
 
- Lebih aman apabila Anda menggunakan tangga darurat jika tersedia di dalam bangunan tersebut. Hindari menggunakan lift.
 
- Jangan berlari selama menuruni tangga darurat. Dikhawatirkan Anda bisa terpeleset dan jatuh.
 
- Apabila sudah berhasil keluar dari gedung, segera mungkin cari tempat terbuka yang lapang dan jauh dari gedung atau bangunan tinggi.
 
- Jangan berlindung di bawah pohon besar. Ada kemungkinan pohon akan roboh. Ini akan sangat membahayakan keselamatan Anda.
 
- Selalu siapkan tas siaga bencana yang berisi P3K, makanan, minuman, pakaian, dan hal-hal yang akan berguna di situasi dan kondisi darurat.
 
- Saat proses evakuasi jangan memaksakan diri untuk membawa benda yang berat. Ini akan menyulitkan pergerakan Anda.
 
Video unggahan BMKG ini bisa Anda akses lewat link https://www.instagram.com/reel/ClRXFHjhcQD/?igshid=YmMyMTA2M2Y= atau buka akun resmi BMKG di @infobmkg.***

Editor: I Gusti Ngurah Kartika Mahayadnya

Sumber: BMKG


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x