Profil Romahurmuziy, Eks Napi Koruptor yang Kembali Aktif di Partai Ka’Bah

- 3 Januari 2023, 13:37 WIB
Romy PPP
Romy PPP /

DENPASARUPDATE.COM – Politisi sekaligus mantan narapidana korupsi Romahurmuzy kembali menjadi sorotan setelah dikabarkan kembali aktif ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang dulu dia pimpin. 

Romy diketahui sebelum masuk penjara karena jeratan korupsi, merupakan Ketua Umum (Ketum) partai berlambang ka’bah tersebut. 

Romahurmuziy atau yang akrab disapa Romy ini lahir di Sleman, Yogyakarta pada 10 September 1974 dan saat ini berusia 48 tahun. Romy bukan lahir dari keluarga sembarangan, dia merupakan keturunan “darah biru” NU. Ayah Romy, KH.Tolchah Mansoer, merupakan ulama besar di kalangan NU, dan pengasuh Pondok Pesantren Sunni Darussalam, Sleman. 

Sebelum masuk ke dunia politik, Romy kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) di Jurusan Teknik Fisika ITB. Kemudian lanjut ke Pasca Sarjana di Jurusan Teknik Mesin dan Manajemen Industri ITB. Romy juga sempat menjadi dosen Teknik Fisika UGM. 

Romy mengawali karir politiknya sebagai staf khusus Menteri Koperasi dan UKM RI, kemudian masuk sebagai kader PPP dan terpilih sebagai anggota DPR RI sejak 2009. di PPP Romy meniti karir dari sekretaris fraksi PPP di DPR RI, Sekretaris Jenderal DPP PPP, dan Ketua Umum PPP menggantikan Suryadharma Ali.

Di Senayan, Romy pernah menduduki jabatan sebagai Ketua Komisi IV DPR RI, dan kemudian anggota Komisi III dan terakhir Komisi XI. 

Romy dijerat oleh KPK karena kasus suap jabatan di lingkungan Kementerian Agama. Romy divonis oleh hakim menerima suap untuk seleksi jabatan di Kemenag. Saat itu memang Menteri di Kementerian Agama berasal dari PPP.***

 

Editor: I Gusti Ngurah Kartika Mahayadnya

Sumber: Berbagai Sumber


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x